Selasa, 17 Mei 2016

Martyr Hidup dari Albania Dimuliakan oleh Paus Francis; Paus ini tergerak setelah bertemu seorang imam dianiaya oleh rezim komunis


Romo Ernest Simoni, 89 tahun, adalah pastor Albania yang menghabiskan 28 tahun di penjara karena setia kepada Gereja selama rezim komunis.

Bulan lalu paus bertemu dengan pastor Simoni ini. "Inilah martir Albania," kata Paus ketika ia melihatnya. Paus pernah bertemu dengan pastor ini dua tahun lalu. Dan sekali lagi, dia merangkul dan menekan wajahnya ke martir hidup ini.

Waktu pertama kali bertemu tahun 2014 lalu di Tirana, Paus menangis ketika pastor Simoni bercerita tentang penyiksaan yang dideritanya karena menolak untuk menyangkal Kristus.

Waktu itu adalah tahun2 teror di bawah rezim komunis Albania, satu-satunya negara yg menyatakan "ateis" pada konstitusi, pada waktu itu. Selama 11 hari, pastor ini disiksa.

Penjaga memerintahkan rekan2 penghuni sel untuk mendapat pengakuannya. Sesama tahanan, mereka disuruh memprovokasinya sehingga dalam kemarahan ia akan mencela rezim komunis dan dengan demikian ada alasan utk menghukum mati.

Tapi yang keluar dari mulut pastor ini hanya pengampunan dan doa bagi mereka yang memenjarakannya. Dan hukuman mati pun diubah menjadi 25 tahun kerja paksa di tambang di Shkoder.

"Semuanya dimulai pada malam Natal tahun 1963 ketika saya ditangkap karena menjadi 'imam biasa,' dibawa ke sel isolasi, disiksa dan dihukum mati," kata dia.

Baru pd 1990 dia dibebaskan bersama runtuhnya rezim komunis Albania. Sejak itu ia aktif lagi dlm kehidupan pastoral, berkeliling ke desa2, merayakan misa dan mendengarkan pengakuan dosa...

Semangat penginjilannya tetap membara pd usianya yg mendekati 90 tahun. 

Semoga kita dpt meniru teladannya... Amin. 

Sumber: disini
              disini

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © . TAKUdaGEMA - Tak Kulihat dari Gereja Mana - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger